Jumat, 17 Juni 2016

MALAIKAT

Menurut bahasa, Malaikat berasal dari kata ''malak'' yg berarti kekuatan dan kata “al-alukah” yang berarti risalah atau misi. Allah swt menciptakan malaikat dari cahaya (nur), seperti di jelaskan salah satu hadist Muhammad saw, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.”

Malaikat merupakan makhluk gaib yg selalu taat beribadah dan patuh akan perintah-perintah Rabb-nya, Allah swt. Malaikat tidak pernah melalaikan perintah tuhannya.

Berbeda dengan manusia yg kadang lalai dan bahkan meninggalkan kewajibannya, namun Allah swt sangatlah menyukai ibadahnya seorang manusia ketimbang malaikat. Kenapa ? Karena Allah swt menciptakan malaikat hanyalah untuk beribadah kepada-Nya, sedangkan manusia di ciptakan bebas memilih jalannya sendiri.

Allah swt menciptakan malaikat dengan jumlah yg tidak di ketahui siapa pun, hanya Allah swt sendiri lah yg mengetahuinya. Namun bagi umat Islam cukup lah mengetahui 10 malaikat saja. 10 malaikat itu memiliki kekuatan dan misi atau tugasnya masing-masing.

•Jibril bertugas menyampaikan wahyu
•Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup
•Israfil bertugas meniup sangsangkala di hari akhir
•Mikail bertugas memberi rizki
•Munkar bertugas bertanya dan menyiksa di alam kubur
•Nakir bertugas bertanya dan menyiksa di alam kubur
•Ra'kib bertugas mencatat amal baik manusia
•A'tib bertugas mencatat amal buruk manusia
•Malik bertugas menjaga neraka
•Ridwan bertugas menjaga surga

Lalu bagaimanakah wujud malaikat-malaikat Allah itu ?

Wujud Malaikat

Malaikat adalah makhluk gaib yg tidak mungkin bisa di lihat, di dengar ataupun di rasakan kehadirannya oleh manusia, terkecuali para nabi dan rasul yg di kehendaki Allah swt. Namun, Allah swt menjelaskan wujud malaikat-Nya melalui Al-Qur'an. Seperti yg terkandung di dalam surah Faathir ayat 1 yg berbunyi:

“ Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan- Nya apa yang dikehendaki-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S.Faathir 35:1)

Surat itu menggambarkan bahwa para malaikat memiliki sayap masing-masing (ada yg) 2, 3, ataupun 4 sayap. Sedangkan dalam beberapa hadist mengatakan bahwa Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-'Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.

Hamalat al-'Asyi adalah Empat malaikat pembawa 'Arsy Allah, yg pada hari kiamat jumlahnya akan ditambah menjadi delapan malaikat. 'Arsy merupakan makhluk yg amat besar berbentuk singgasana seperti kubah yg memiliki tiang-tiang yang dipikul oleh para Malaikat Hamalat al-'Asyi.

Berdasarkan hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud dari seorang sahabat Jabir bin Abdillah, wujud para malaikat Hamalat al-'Asyi sangatlah besar dan jarak antara pundak malaikat tersebut dengan telinganya sejauh perjalanan burung terbang selama 700 tahun. Selain memiliki tubuh yg sangat besar, Hamalat al-'Asyi juga memiliki kekuatan yg setara 7.000 malaikat.

•Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan pimpinan para malaikat dan merupakan 4 malaikat utama Allah swt. Di gambarkan bahwa Jibril memiliki 600 sayap yg panjangnya masyrik dan maghrib, (barat-timur) dan busana kebesarannya putih laksana mutiara yang larut,

Dengan wajah yang begitu elok dan rupawan hingga tidak ada makhluk yg mampu menandingi rupanya, serta memiliki kekuatan yang dahsyat penuh mukzijat.

•Malaikat Izrail dan Mikail

Di jelaskan pula wujud malaikat Izrail. Malaikat Izrail diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan yang serupa dengan malaikat Mikail baik wajahnya, ukurannya, kekuatannya, lisannya dan sayapnya. Dikatakan dia berwajah empat, satu wajah di muka, satu wajah di kepala, satu dipunggung dan satu lagi di telapak kakinya.

Kedua malaikat itu sangatlah besar. Sebagai gambaran, jika seluruh air di lautan dan sungai di dunia disiramkan di atas kepalanya, tidak akan ada setetes air pun yg jatuh ke bawah.

Dari kepala hingga kedua telapak kakinya di tumbuhi bulu Za'faran. Setiap bulu memiliki satu juta muka, setiap satu juta muka memiliki satu juta mata dan satu juta mulut dan tangan. Setiap mulut ada satu juta lidah, setiap lidah mampu mengucapkan satu juta bahasa.

Selain itu, Ia memiliki 4.000 sayap dan 70.000 kaki, salah satu kakinya di langit ketujuh dan satu lagi di jembatan yang memisahkan Surga dan Neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar